Yves Rocher Canada

Wednesday, November 30, 2011

Lidah Buaya tak Hanya untuk Penyubur Rambut

Lidah buaya tumbuh liar di tempat berudara panas tapi sering juga ditanam di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Daunnya meruncing berbentuk taji. Tebalnya kira-kira one cm. dalamnya bening. Daun ini getas dan tepinya bergerigi. Panjangnya bisa sampai 30 cm. yang biasa digunakan adalah daun dan akarnya.

BANGKAPOS.COM - Lidah buaya yang sering dijumpai sebagai tanaman hias memiliki banyak kegunaan, selain sebagai penyubur rambut.

Kegunaan:                                                                                         

Kandungan dan manfaat: Lidah buaya mengandung saponin yang memiliki kemampuan membunuh kuman serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit. Ia juga merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam gel lidah buaya terkandung lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Gel ini akan mencegah hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Akibatnya kulit menjadi tidak cepat kering.

Cacingan, susah buang air kecil:

Akar lidah buaya dicuci dan dijemur sampai kering. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum sekaligus.

Ambeien:

½ batang daun lidah buaya dibuang durinya, cuci dan diparut. Beri ½ gelas air. Peras. Beri two sendok makan madu. Minum 3x sehari.

Sembelit:

½ batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong kecil. Seduh dengan ½ gelas air. Beri one sendok makan madu. Hangat-hangat dimakan 2x sehari.

Penyubur rambut:

Daun lidah buaya dicuci, dikupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama tiga bulan.

Daun lidah buaya dicuci bersih dan dikupas. Tempelkan bagian dalamnya pada bagian yang terkena api/air panas.

Luka bakar/tersiram air panas (ringan):

Daun lidah buaya dicuci, dikupas, dan dilumatkan . beri sedikit garam lalu tempelkan pada bisul.

Bisul:

Daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya diblender. Seperlima gelas cairan diaduk dengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental. Aduk rata dan laburkan ke wajah. Biarkan selama 30 menit baru dibilas.

Jerawat, noda-noda hitam:

twenty g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong. Beri two sendok makan madu murni. Minum 2x sehari. Ulangi selama ten hari.

Batuk (yang membandel)

Diabetes:

two daun lidah buaya dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan three gelas air. Saring. Minum two - 3x sehari sesudah makan. Sekali minum ½ gelas.

one daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Beri madu murni dan minum 3x sehari.

Radang tenggorokan:

Menurunkan kolesterol:

30 g daging lidah buaya, one buah apel dikupas dan buang bijinya, blender.

read more:


Roman Medicine

Benefits of Alternative Medicine

Traditional vs. Alternative Medicine

0 Responses to “Lidah Buaya tak Hanya untuk Penyubur Rambut”

Post a Comment

All Rights Reserved asd | Blogger Template by Bloggermint